1. Air Freight ( A/F ) adalah biaya pengiriman barang
dengan menggunakan pesawat.
2. Air Way Bill /
AWB fungsi dan kegunaannya adalah sama dengan Bill Of Lading. Namun AWB ini
khusus untuk pengiriman barang via Udara.
3. Bill Of Lading atau B/L adalah Surat / Dokumen yang
diterbitkan oleh Shipping Line / Freight Forwarder untuk setiap pengiriman
barang Export. Bill Of Lading ini di terbitkan pada tanggal keberangkatan
Kapal. Bill Of Lading ini nantinya akan diberikan kepada consignee untuk
mengambil barang di tempat tujuan (pengambilan import). Fungsi dari Bill Of
Lading ini sangat banyak. Selain sebagai bukti pengambilan barang di tujuan,
juga dilampirkan dalam proses pembuatan COO.
4. Booking adalah istilah untuk pemesanan tempat
5. C & F ( Cost and Freight ) adalah system pembelian
barang dimana Biaya Pengiriman dan Harga Barang di bayarkan di pelabuhan muat
namun asuransi menjadi tanggungan Penerima Barang.
6. C.I.F ( Cost Insurance & Freight ) adalah system pembelian barang dimana Biaya Pengiriman, Asuransi dan Harga barang dibayarkan sebelum kapal berangkat / di pelabuhan muat.
7. Closing Time ( C/T ) adalah waktu ditutupnya pemasukan
/ penumpukan barang di UTPK atau warehouse.
8. Comemrcial Invoice adalah Daftar Nilai / Harga Barang
yang tercantum dalam Packing List. Commercial Invoice ini berisikan nilai
barang per item dan total nilai barang. Bill Of Lading, Packing List dan
Commercial Invoice adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses Export dan
Import atau bisa dikatakan ketiga dokumen ini adalah 1 set dokumen Export /
Import.
International Freight Forwarder |
9. Consignee adalah nama lain dari importer atau penerima barang. Istilah ini akan selalu dipakai sebagai pengganti kata importer / penerima barang / pembeli.
10. Customs Clearance adalah proses administrasi
pengiriman dan atau pengeluaran barang ke / dari Pelabuhan muat / Bongkar yang
berhubungan dengan Kepabeanan dan administrasi pemerintahan.
11. Delivery Order / DO adalah Surat yang diterbitkan
pihak shipping atau forwarder kepada shipper sebagai tanda bukti pengambilan
container kosong dan atau tanda bukti pengiriman barang dari gudang shipper ke
UTPK atau Warehouse.
12. DEPO adalah tempat penumpukan container kosong
13. Dry Container adalah container kering / standar yang
digunakan untuk mengirim barang2 biasa yang tidak berbahaya dan bukan merupakan
barang gas atau cair. COntohnya mebel, handicraft, garment, etc.
14. Descriptions of Goods adalah deskripsi barang.
15. ETA adalah Estimated Time of Arrival yaitu Waktu
Perkiraan Kedatangan Kapal / Pesawat.
16. ETD adalah Estimated Time of Departure yaitu Waktu
Perkiraan Keberangkatan Kapal / Pesawat dari pelabuhan muat.
17. FCL adalah Full Container Loaded yaitu Pengiriman
Barang dengan Menggunakan Kontainer.
18. Feeder Vessel adalah Kapal pengangkut dari pelabuhan
muat ke pelabuhan transit. Jenis kapal ini kecil hanya muat untuk mengangkut
3000an kontainer.
19. Flat Rack Container adalah container yang bagian
samping kanan dan kirinya terbuka. Kontainer ini digunakan untuk memuat barang
yang lebarnya melebihi standar lebar container DRY.
20. F.O.B adalah Free On Board adalah system pembelian
barang dimana semua biaya Pengiriman atau O/F , Asuransi dan harga barang
dibayarkan setelah kapal sampai atau di pelabuan bongkar.
21. Freight Collect adalah Sistem pembayaran biaya
pengiriman barang di pelabuhan bongkar.
22. Freight Prepaid adalah Sistem pembayaran biaya
pengiriman barang di pelabuhan muat.
23. LCL adalah Less than Container Loaded yaitu system
pengiriman barang tanpa menggunakan container atau dengan kata lain pengiriman
barang yang kapasitasnya dibawah standar kapasitas muat container.
24. Measurement / Cubication / CBM adalah ukuran kubikasi
suatu barang export baik itu. Perhitungan Kubikasi ini sangat penting dikuasai
oleh para exporter untuk menentukan jenis pengirimannya. Apakah menggunakan
Kontainer 20ft, 40ft,40HQ atau 45ft. Atau apabila menggunakan truck apakah akan
dikirimkan dengan menggunakan truck tronton, truck angkel, truck box / diesel
atau truck built up.
25. Mother Vessel adalah Kapal pengangkut / kapal besar
yang mengangkut muatan dari pelabuhan transit ke pelabuhan tujuan diseluruh
penjuru dunia.
26. Net Weight / N.W. adalah berat bersih barang tanpa
kemasan.
27. Notify Party adalah pihak ketiga selain Consignee yang
mengetahui adanya sebuah pengiriman barang.
28. Open Top Container adalah Kontainer yang bagian
atasnya bisa dibuka / terbuka. Kontainer ini dgunakan untuk pengiriman barang
yang tingginya melebihi standar ketinggian container DRY.
29. Open Stack ( O/S ) adalah waktu dibukanya container /
barang boleh di tempatkan di UTPK atau warehouse.
30. Packing List adalah Daftar Sistem Pengepakan. Packing
List ini diterbitkan oleh setiap exporter setiap kali akan export. Data2
Packing List inilah yang akan di muat pada Bill of Lading maupun AirWayBill.
Packing List berisikan data2 Nama dan alamat Shipper, Nama dan Alamat
Consignee, Nama dan Alamat Notify Party (jika ada), Nama Barang, Jumlah dan
Jenis Kemasan, Jumlah barang, Berat Bersih / Net Weight, Berat Kotor / Gross
Weight, Kubikasi, Shipping Marks & Numbers / Keterangan yang tertulis pada
kemasan, Nama Vessel, Pelabuhan Muat, Pelabuhan Bongkar.
31. Part Of Shipment adalah Pengiriman Barang menggunakan
1 kontainer dimana didalam container tersebut terdiri dari berapa nama shipper
namun dengan tujuan satu Consignee.
32. P.O.D adalah Port of Discharge yaitu Pelabuhan
Bongkar.
33. P.O.L adalah Port Of Loading yaitu Pelabuhan Muat.
34. Place of Delivery yaitu Tujuan akhir Pengiriman
Barang.
35. Place of Receipt yaitu Tempat Penerimaan Barang.
36. Reefer Container adalah container yang memiliki
pengatur suhu. Biasa digunakan untuk pengiriman produk makanan yang membutuhkan
suhu tertentu.
37. Shipping Instructions adalah surat pengajuan
pengiriman barang yang diterbitkan oleh shipper.
38. Space adalah tempat yang tersedia didalam kapal.
39. Shipping Schedule adalah Schedule Keberangkatan Kapal
/ Pesawat.
40. Stuffing / Loading adalah proses pemuatan barang
export kedalam container atau truck angkutan (berlaku untuk kegiatan export).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar