Selasa, 05 Januari 2016

Jenis Jenis Freight Forwarding

Freight Forwarding dalam kegiatannya sehari-hari dapat dibagi dalam 2 jenis golongan yaitu:

1. Atas Dasar Operasional

Pengiriman barang oleh para Forwarder hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sarana angkutan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh mereka,yaitu dengan melihat bentuk,kemasan,berat dan isi barang bersangkutan.Tetapi secara operasional,mereka hanya akan melayani pada areal pengiriman barang terbatas kemampuan atau keinginannya masing-masing.
Umpamanya saja di Indonesia,Forwarder itu dibagi dalam tiga kategori yaitu :
-       Forwarder Internasional (kelas A)
-       Forwarder Domestik/Regional(Kelas B)
-       Forwarder Lokal(Kelas C)

Dari ketiga jelas yang dibagi oleh INFA/GAPEKSI yaitu pendekatan dari gabungan Forwarder dan Expedisi Indonesia atau Indonesian National Forwarding yang terdaftar pada asosiasi tersebut akan merupakan golongan kelas A seluruhnya,tetapi terbagi didalam 3 kategori seperi disebutkan itu. Pembagian kualifikasi tersebut adalah atas dasar daerah operasional,pengalaman kerja perusahaan,dan mitra usahanya di luar negeri serta beberapa kreteria lainnya.


a.    Forwarder Internasional
perusahaan International Freight Forwarder merupakan Forwarder kelas A dan biasanya disebut juga secara umum dengan sebutan Internasional Freight Forwarder merupakan Forwarder yang professional dalam hal menjalankan kegiatan Freight Forwarding dengan memberikan jasa pengiriman barang kepada para pemakai jasanya ,yaitu telah melampaui batas Negara dengan tujuan barang di salah satu Negara di luar negeri. Jenis Forwarder seperti inilah yang banyak diminati oleh para pemilik barang terutama pada Exportir atau Importir.

Faktor-faktor yang mendukung mengapa mereka yang selalu diminati oleh para pemakai jasa adalah karena :
1.    Berhak menerbitkan /menggunakan FIATA B/L dan memiliki tenaga ahli dibidang pengangkutan barang.
2.   Adanya jaringan kerja secara Internasional serta Agen/Mitra kerja yang tangguh.
3.   Memiliki sarana dan prasarana kerja yang cukup.
4.   Berpengalaman luas serta mampu memberikan saran-saran yang diperlukan oleh pemilik barang terhadap suatu maksud untuk pengiriman barang ke Negara tujuan tertentu.
5.   Mampu memberikan tarif angkutan yang relative murah serta dapat membantu mencari jalan keluar untuk menurunkan biaya produksi terhadap suatu barang yang akan di pasarkan di dunia internasional,serta selalu membayar tuntutan ganti rugi.

b.    Forwarder Domestik/Regional
Perbedaan yang mendasar dengan Internasional Freight Forwarder adalah mereka berhak untuk menggunakan FIATA/BL sedangkan dari Forwarder Domestik/Regional belum berhak menggunakannya atau menerbitkan B/L sendiri (House B/L)

c.    Forwarder Lokal
Jenis Forwarder ini merupakan forwarder dengan klasifikasi yang minim,karena disini yang termasuk golongan Forwarder local adalah mereka yang belum memiiki agen di luar negeri,dan mereka adalah para pengelola EMKL,EMKU,dan EMKA.

2.    Atas Dasar Sarana Angkutan
Jenis Forwarder yang termasuk pada jenis golongan atau jenis ini adalah :

a.    Sea Freight Forwarder
       Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah mereka yang telah mengkhususkan kegiatan usahanya pada pengiriman barang muatan melalui angkutan laut atau melalui kombinasi antara angkutan darat lainnya.Ada kategori umum mengenai barang muatan atau cargo yang harus diketahui oleh seorang Forwarder tentang tehnik pelayanannya(Cargo handling)masing-masing jenisnya yaitu :

Sea Freight Forwarder
1. Bulk Cargo
     Yaitu semua jenis barang yang secara fisik bentuknya tidak dapat atau tidak harus dikemas tersendiri dengan jenis kemasan apapun juga kecuali di sesuaikan dengan unit alat angkutan itu sendiri.Contoh dari katagori jenis ini adalah
a)   Biji-bijian, seperti jagung,beras,tepung terigu dll.
b)   Bijih tambang,seperti batubara,besi,serta bahan mineral lain yang belum diproses.
c)   Kayu-kayuan,berupa kayu gelondong(logs),chips(pecahan kayu) dan hasil-hasil hutan lainnya.
d)   Berbagai macam jenis mesin-mesin serta produk-produk lain yang tidak dapat dimasukkan kedalam salah satu jenis kemasan atau dimaskkan kedalam petikemas,seperti transformer,reactor,turbin dan sebagainya.
e)   Kendaraan bermotor,truck,dan alat angkutan lainnya.
f)    Berbagai macam jenis produk besi-besi atau jenis produk metal lainnya yang telah selesai maupun berupa semi proses.

2. Unit Load Cargo
      Yaitu satu atau lebih kemasan barang yang digabung /diikat atau ditumpuk menjadi satu tumpukan pada sesuatu ”palet” atau bentuk lainnya sedemikian rupa (skidded),sehingga dengan demikian seluruh unit tersebut dapat di terima oleh kapal dan siap dimuat dengan aman serta ditata diatas kapal dan di bongkar dengan mudah di pelabuhan tujuan dengan menggunakan alat mekanik tertentu.

Pallet
Adapun maksud dan tujuan untuk mengelompokkan komoditi tersebut pada satu unit “Pallet” adalah karena hal-hal sebagai berikut :
1.    Menghemat biaya tenaga kerja (labor saving), item “unit load” ini akan memperkecil biaya operasional untuk pelayanan barang muatan ,yaitu dengan jalan menggunakan peralatan bongkar /muat,seperti forklift,yang hanya dengan satu orang operator mampu melaksanakan pekerjaan mengangkat sebagian besar barang muatan/cargo demikian pula dengan crane,yang mampu membongkar /memuat sejumlah besar peti,karton maupun karung-karung,untuk sekali angkat.

2.   Menghemat waktu pelayanan, banyak sekali waktu yang berharga terbuang percuma untuk melayani barang muatan yang terdiri dari berbagai macam bentuk kemasan.Dengan menggunakan system “Unit Load” akan mampu menggerakkan atau memindahkan sebagian besar komoditi di pelabuhan dengan menggunakan berbagai peralatan mesin bongkar/muat.

3.   Meningkatkan kemasan barang , kerusakan maupun pencurian barang muartan akan merupakan suatu factor yang sangat mahal dalam hal pelayanan barang pada suatu pengapalan barang.Dengan “Unit load system”akan banyaak sekali pengurangan terhadap kerusakan maupun kehilangan atas suatu barang ,di bandingkan system konvensional.

Containerised Cargo(Containerisation) adalah “suatu kegiatan dimana sejumlah barang muatan yang diisi kedalam suatu unit petikemas untuk selanjutnya petikemas tersebut diangkut/dikirim melalui pelabuhan muat dengan sarana angkutan tertentu ketempat tujuan atau pelabuhan pembongkaran yang di kehendaki.”

Containerisation
Memang banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya petikemas sebagai salah satu sarana untuk melaksanakan pengiriman barang oleh seorang Forwarder keuntungan-keuntungan dimaksud,antara lain sebagai berikut :
1.    Mengurang biaya pengemasan barang ,karena secara umum petikemas itu sebenarnya adalah merupakan alat kemasan yang sebenarnya (actual packing material)

2.   Mengurangi biaya tenaga kerja yang berlebihan,terhadap proses pelayanan barang bersangkutan sebagai contoh bahwa unit petikemas yang harus dimuat keatas kapal dapat dilaksanakan dalam waktu satu hari,sedangkan kapal konvensional dengan volume barang yang sama,akan memerlukan waktu muat paling sedikit 5 hari.

3.   Mengurangi masa transit kapal,sehingga masa perjalanan kapal menjadi lebih pendek(turnaraound time),sehingga perjalan kapal menjadi lebih ekonomis.

4.    Keamanan barang lebih terjamin,selama barang berada di petikemas.

b.    Air Freight Forwarder
        Mereka yang mengkhususkankegiatan usaha jasanya pada sector angkutan udara,dengan kombinasi angkutan kereta api atau truck, disini lokasi kegiatan tentunya sebagian besar berada di sekitar Bandar udara,baik penyelesaian dokumen,maupun penumpukan baranng serta lalulintasnya.



Airwaybill atau House Airway (AWB atau HAWB) adalah tata cara seorang forwarder yang akan melakukan pemesanan ruang muatan (booking cargo space system)pada setiap pengapalan yang telah diatur secara internasional ,yaitu sebagaimana yang tertera berikut ini :
Ø   Nomor seri Airwaybill ,bahwa pada setiap pengapalan akan selalu tercantum nomor seri dari setiap Airwaybill yang diterbitkannya.Nomor ini merupakan factor yang sangat penting sekali peranannya,dalam rangka mengidentifikasikan suatu pengapalan barang muatan melalui suatu penerbangan sampai pada saat penyerahan barang Bandar udara pada tujuan akhirnya.
Ø   Jumlah paket (collie) ,jumlah paket harus di ketahui dengan pasti sebagai kelengkapan pengapalan selama dalam proses pemuatan,alih penerbangan dan atau saat penyerahan.
Ø   Berat barang ,seperti diketahui dengan pasti sebagai kelengkapan pengapalan selama dalam proses pemuatan,alih penerbangan dan atau saat penyerahan.
Ø   Jenis barang muatan ,untuk melaksanakan pemesanan ruang muatan pada pesawat udara,jenis serta bentuk barang sangat penting sekali untuk diketahui.
Ø   Ukuran dan isi barang,informasi atau keterangan lengkap mengenai ukuran dan isi barang yang akan dimuat keatas kapal,disamping tentunya berat barang bersangkutan, adalah sangat di perlukan,yang dinyatakan dalam Cm dan Inch.
Ø   Nama-nama Bandar udara pemberangkatan yang tujuannya sangat penting sekali untuk hal-hal sebagai berikut :
1.    Untuk menentukan trayek pengapalan.
2.   Guna mengatur tempat penimbunan yang sesuai dengan tata ruang yang telah ditentukan,menjelang keberangkatan maupun kedatangan barang bersangkutan.
3.   Untuk mengatur komunikasi tertentu apabila terjadi sesuatu hal selama dalam proses penerbangan .
4.   Memberikan kesempatan kepada pengirim barang untuk mengatur segala sesuatunya baik di tempat transit maupun ditempat tujuan barang.

c.    Rail and Inland Freight Forwarder
        Yaitu mereka yang mengkhususkan kegiatan usaha jasanya pada sector angkutan darat dengan menggunakan jasa angkutan kereta api dan sarana angkutan lainnya sampai jauh ke pedalaman pada suatu daerah atau Negara.

d.    Combined Transport Operator
         Yaitu Forwarder yang dalam usaha jasanya menggunakan lebih dari satu jenis alat angkutan atau berbagai sarana angkutan yang melalui laut,udara dan kereta api dan truck,atau kombinasi diantaranya.

Adapun Syarat untuk disebut sebagai seorang Forwarder yang professional adalah sebagai berikut :
a.   Memiliki sejumlah pengalaman luas dan memiliki berbagai aspek perdaganngan 
       internasional,angkutan serta memiliki hubungan luas serta mitra kerja yang baik pada      
       sector paengangkutan darat ,laut dan udara ,pergudangan stevedoring ,bank asuransi dan 
       sebagainya.

b.   Memiliki ketrampilan kerja yang efektif dan efisien yang didukung oleh tenaga ahli di 
       bidangnya masing-masing,seperti ahli logistic dan mobilitasi ,bongkar dan muat,tata cara 
        pengemasan ,dan asuransi dan sebagainya.

c.    Mampu memberikan pelayanan maksimal kepada para pemakai jasa,karena sebagai 
        forwarder professional ,mereka memiliki sarana-sarana serta perlengkapannya untuk       
        penumpukan dan pelayanan barang muatan selama berada dibawah kekuasaannya 
        tersebut.

d.    Mampu membayar segala jenis biaya-biaya tekait pada setiap proses pengiriman barang 
        terlebih dahulu ,untuk kemudian menagih pembiayaan tersebut kepada para pemakai jasa         bersangkutan dan mampu memberikan tarif yang relative lebih murah.

PT Dira Karya Insani juga melayani pengiriman/distribusi barang domestics ke-seluruh Nusantara. Menggunakan Via Trucking, Sea Freight and Air freight

Untuk biaya layanan jasa impor, tentu berbeda-beda tergantung dari banyak faktor, seperti jenis barang, jumlah, jalur yang dipakai (udara atau laut), dan lain-lain. Untuk mendapat harga terbaik, silakan langsung menghubungi kami. Lihat informasi kontak kami disini -->Contact Us

2 komentar:

  1. Dear Import Dept / Purchasing Dept
    Perkenankan Kami dari PT. ANAK DESA INDONESIA yang bergerak dibidang Sewa Undername Import dan Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Barang Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang import dengan menggunakan undername perusahaan kami serta proses kepabeanan barang import baik yang masuk melalui Port atau pun Bandara.
    CUSTOMS CLEARANCE

    Kami siap membantu serta bekerjasama dengan pihak manapun dalam hal atau bidang,spesialis Customs Clearance,Import Borongan (All In) Resmi,Under Name,Door To Door, Domestik Dan Keagenan Lainnya



    Project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :

    · General Customs Clearance

    · All-in Customs Clearance

    Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & other charges

    · Importasi dengan system Door to door Regional Asia, Eropa dan Amerika

    · Air& Sea Freight (LCL & FCL)

    · Bonded Warehousing

    · Under Name

    · Import Sea Freight & AirFreight Service

    · Export Sea Freight & AirFreight Service

    · Import Consulidation

    · Custom Clearance Import ( ALLIn )

    · Second of Machine Import




    Perusahaan kami salah satu perusahaan yang melayani dan memiliki beberapa kouta import seperti :



    · PI Besi atau Baja,Baja Paduan,dan Produk Turunannya

    · Mesin Bekas / Barang bekas

    · Garment

    · Textile



    Operasional Perusahaan Kami Meliputi


    - Pelabuhan Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
    - Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
    - Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
    - Pelabuhan Belawan ( Medan )

    Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak / ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.




    Best Regards,



    Mr. Muhajir

    Marketing import



    PT. ANAK DESA INDONESIA

    International Freight Forwarder

    Ruko Pasar Moderen Harapan Indah No. R 41 rt.10 rw.08

    Kel. Pusaka Rakyat Kec.Tarumajaya Bekasi Jawa Barat. 17422

    Telp : +621 8888 6410

    Fax : +621 8889 4414

    Mobile : 0812 6585 8034 (WA)

    Email : muhajir.import@gmail.com

    BalasHapus
  2. Hi, Saya Tony bergerak di bidang spareparts yang akan expand Globally. Dibutuhkan Forwarderke berbagai negara ASIA dan ASEAN. Tetapi belum berpengalaman untuk proses rxport. Apabila bisa dibantu untuk Forwarder nya memberikan prosedur dan dokumens disiapkan dan price lists nya. email: tony@garudamotor.com

    BalasHapus